selamat datang

layar


Friday 8 March 2013

APALAH ARTI SEBUAH KRITIKAN?




·        Untuk kalian yang pernah mengkritik, aku ucapkan terimakasih… karena kalian telah membuat aku lebih baik dan lebih banyak belajar dan terus belajar memperbaiki diri.

Sobat, pernah gak sih kalian dikritik sama seseorang? Apalgi kritikan dia itu membuat Sobat jatuh dan drop. Pasti pernah bukan?

Kaya semacam contoh :
“Kamu kurang cocok pakai baju itu, sebaiknya pake yang ini…..”
“kamu kan orangnya kurus, kamu jangan pake jeans yang itu…”
“ya ampun, bajunya sih bagus… warnanya juga bagus, tapi kurang cocok diwarna kulit kamu”
Bla…bla…bla….. (padahal dalam hati Sobat, itu udah yang terbaik)

Kessel gak sih dikritk sampe segitunya??! Hellooooo… di depan orang banyak lagi….

Telinga dan hati otomatis berkompromi atas kejadian itu, mengkritik bisa juga menjadi suatu acuan untuk diri Sobat agar menjadi lebih baik, tentunya dengan gaya bahasa, dan dimana Sobat dikritik dong!
Tapi kalo pake nyolot dan mojokin gimana?!
Namanya lidah tak bertulang, tapi anehnya bisa nyakitin hati….

Sobat, berpostif thinking adalah hal yang terbaik. Walaupun dalam hati ada kekesalan yang mendalam, tapi Sobat jangan mudah terprofokasi atau malah terbawa emosi dan ujung-ujungnya saling menjatuhkan.

Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya Sobat lakukan
  • Biarkan dia mengkritik Sobat, ambil positfnya mungkin saja kritikan dia ada benarnya, berfikirlah bahwa dia peduli terhadap penampilan Sobat.
  • tetapi ingat kritikan juga sama dengan menilai, jadi harus ada pihak lain yang dilibatkan agar tidak berat sebelah seperti menanyakan kebenaran atau persetujuan dengan orang lain. Apakah setuju dengan kritikan yang dilontarkan?
  • Berusaha menutupi  emosi dan kekesalan, walaupun dalam hati kadang kecewa.
  • Jika sekiranya kritikan tersebut gak penting, baiknya abaikan. Masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri.
  • Kadang ada juga kritikan yang menjatuhkan diri Sobat, kalau sudah seperti itu termasuk bukan mengkritik tapi IRI terhadap apa yang Sobat tampilkan/punyai. Jangan sampe Sobat membalas hal tersebut, karena sama saja Sobat memiliki penyakit hati tersebut.
  • Kembangkan percaya diri Sobat, berfikirlah bahwa orang yang menjatuhkan Sobat sesungguhnya dia berada di bawah Sobat dan Sobat berada di atas dia, jadi jangan sampai Sobat jatuh bersama dia yang berada di bawah Sobat.  



So, Jadilah Pribadi yang memiliki kerendahan hati yang mau dikritik. Bukan karena Sobat lemah, tetapi karena hal tersebut membuat kualitas diri Sobat menjadi lebih baik dan tinggi. 




No comments:

Post a Comment