selamat datang

layar


Monday 2 January 2012

PERTUMBUHAN AGAMA PADA ANAK II

,
BAGAIMANA SI ANAK MENGENAL TUHAN???

            Anak-anak mulai mengenal Tuhan, melalui bahasa. Dari kata-kata yang diterima dari lingkungannya yang pada permulaan diterimanaya secara acuh tak acuh saja. Akan tetapi setelah ia melihat orang-orang dewasa menunjukkan rasa kagum, takut dan berbagai macam reaksi terhadap Tuhan, maka mulailah ia merasa sedikit gelisah dan ragu terhadap sesuatu yang ghaib yang tidak dapat dilihatnya itu. Itulah sebabnya barangkali anak-anak itu sering menanyakan sesuatu yang diragukan oleh hati dan pikirannya, seperti menanyakan tentang zat, tempat dan perbuatan Tuhan, sperti apakah sosok Tuhan, seperti apakah surga dan neraka, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang bertujuan untuk mengurangkan kegelisahan yang dirasakannnya. Lalu sesudah itu timbullah keinginan untuk mengingkari semua itu atau bahkan menentangnya karena jawaban yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

            Sesungguhnya tidak mengakui adanya Tuhan, jika dibandingkan dengan acuh tak acuh adalah lebih dekat kepada pengakuan akan adanya. Karena apabila seseorang tidak peduli akan sesuatu itu jauh dari ingatan dan perhatiannya, akan tetapi kalau dengan susah payah ia mengingkari sesuatu itu, maka ini berarti ia menaruh perhatian terhadap hal yang diingkarinya itu. ( hehe, sama juga dengan kita melupakan sang mantan, kalau terlalu dipaksa/bersusah payah nanti akan lebih menyiksa dan semakin teringat ). Jadi si anak akan lebih sedikit menderita fikiran bukan fisik lho… karena semua itu butuh proses agar ia sibuk dengan usaha-usaha untuk memasukkanya ke dalam pembinaan kepribadiannya.

            Sesungguhnya kekaguman dan penghargaan terhadap Ayahnya adalah penting untuk pembinaan jiwa, moral, dan fikiran sampai umur ±5 tahun, dan inilah bibit yang akan menumbuhkan kepercayaan beragama dalam masyarakat beragama. ( Tuh, jadi bukan hanya Ibu saja yang berpengaruh dalam pembinaan sang anak, tetapi peran Ayah juga sangat penting dan berpengaruh besar Lho.. jangan salah, kebanyakan sekarang ini sang Ayah hanya tau bekerja, bekerja, dan bekerja untuk keluarga tanpa memperdulikan perkembangan sang anak padahal seperti itu kurang tepat).

            Anak-anak akan menerima segala jawaban apapun yang diberikan atas pertanyaan-pertanyaannya dan buat sementara telah dapat memuaskannya, tapi terkadang jawaban-jawaban yang diterimanya kurang serasi dan ini akan membawa kragu-raguan dan pandangan skeptis di masa remaja nanti. Demikian pula cerita-cerita tentang surga, neraka, malaikat, jin, dan benda-benda keramat lainnya. Jadi jangan asal memberi jawaban/cerita. Hal ini berlaku untuk semua Agama ? :)

            Apa yanag dipercayai oleh anak tergantung kepada apa yang diajarkan kepadanya oleh orang tua di rumah atau guru di sekolah, karena ia belum mampu berfikir secara logis, kepercayaan anak itu bisa saja bersifat kontradiktif, misalnya ia percaya bahwa Tuhan itu baik, tetapi dilain pihak juga Juga dapat menghukum manusia dengan membakarnya.

            Cerita-cerita dalam kitab suci adalah dapat menarik perhatian anak, seperti mereka tertarik pada cerita hantu dan sebagainya. Apalagi dikemas dalam gaya bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak. Bukan hanya sekedar menceritakanya, orang tua juga harus memberikan contoh sikap terpuji dalam keseharianya, seperti mengajak anak untuk shalat berjama’ah, pergi ke greja,atau mengaji bersama. jadi bahasa yang keluar dari mulut orang tua sangat berpengaruh terhadap pembinaan anak dimasa yang akan datang… (owh, saya juga tau kenapa orang tua itu cerewet sama anak-anaknya yah?? Hehe.. itu semua untuk kebaikan kita juga)


C o n t i n u e .....



           
           

1 comment:

  1. Cinta pertama Memang yahoi....Q juga pernah....mengalami Menangisi...mengingat sang...cw,tp semua telah berlalu ko'sering ketemu bahkan ngajak jln2 mengenang ms2 lalu...(waduh ngulate setan ra katon)
    Biarkan cinta datng,pergi....jangan tangisi cinta...tangisi dosa2 kita semakin bertambah...Cinta dan dosa tak kelihatan....Klu dilus2 bukan cinta tapi birahi..ini yang bikin dosa...teruskan karir lebih meningkat....(ketika aku bekerja Tanpa melamar tapi dilamar orng tolol spt q ko dilamar..oleh PT O'denil Griffin INdonesia,Fajar mas murni Aku memimpin 100 orang dilapangan(cintrong I hancurkan karirQ......Berhatil2lah BERISTIGHFAR mnta petunjuk dan jaln yang diridoi......

    ReplyDelete