selamat datang

layar


Tuesday, 30 October 2012

MENCARI PACAR DENGAN BAURAN PEMASARAN


MENCARI PACAR DENGAN BAURAN PEMASARAN


Waktu itu saya lagi galau-galaunya, biasalah banyak duit tapi kebutuhan gak ada (Bo’ong bangeeet)…. Akhirnya Saya putuskan untuk main ke rumah temen sekolah dulu, Saya pengen hunting-hunting bareng gitu.
Kami pergi ke salah satu pusat perbelanjaan, nyobain baju-baju, accecories, foto-foto di ruang ganti, tapi belinya sih enggak! Hehhee, Cuma cuci mata doang. Saya gak mau pulang dengan tangan kosong, jadi Saya mampir dulu ke toko buku lantai dasar. Eh, ada buku lumayan Bagus nih, dari miliknya Bang Dika “Manusia Setengah Salmon” cocok buat Saya yang lagi galau, ternyata enggak mengecewakan. Semua Part Saya suka termasuk Part yang Judulnya “Mencari Pacar Dengan Baruan Pemasaran” ini dia isinya:


                Seseorang yang sedang mencari Pacar, harus bisa memasarkan diri mereka. Dalam Perspektif pemasaran, ada yang namanya bauran pemasaran (marketing mix) yang bisa digunakan untuk membantu seseorang mendapatkan pacar.
                Dengan menggunakan bauran pemasaran, ada empat aspek yang harus diperhatikan dalam mencari pacar. Keempat aspek itu adalah Product, Placement, Promotion, and Price. Kalau keempat aspek tersebut dilaksanakn dengan baik, pasti seseorang akan cepat mendapatkan pacar.



A.       PRODUCT
Apa yang dimaksud dengan Product? Sebagai seorang jomblo, Product berarti dirinya sendiri. Sama kaya jualan barang, seorang jomblo harus punyai Product yang menarik (fisik bagus atau kepribadiannya baik) agar dapat ‘menjual’ dirinya. Tentukan Product kita (kualitas diri sendiri), dengan kemauan pasar (kemauan cewek/cowok).
Product juga mengacu pada kemasan yang baik. Kita harus punyai kemasan yang menjual. Jadi, jangan harap cewek/cowok jatuh hati kepada kita kalau gaya dandanan andalan kita hanya sebatas pakai karung goni kemana-mana dan jarang madi pula. Product juga harus punya positioning unik. Kalo jadi kutu buku, jadilah kutu buku yang unik, misalnya yang jago olahraga. Kaena semakin unik kita, maka kesempatan untuk diperhatikan orang lain semakin besar.

B.      PLACE
Untuk dapat pacar, kita harus pintar ‘mendistribusikan’ diri sendiri. Artinya kita harus sering-sering kelihatan dimana-mana dan eksis. Semakin eksis, semakin besar kemungkinan untuk bertemu dengan calon pacar. Caranya gampang: ikuti kegiatan-kegiatan sekolah, kampus, tempat kerja, majelis ta’lim, masyarakat, dan sering ikut kopi darat (Kopdar).
Semakin banyak ‘Kanal distribusi’ semakin bertambah pula kesempatan anda untuk dapat pacar. Intinya anda harus tepat memilih tempat untuk mendistribusikan diri supaya orang lain bisa tahu anda.
Lewat Twitter, facebook, dan Jejaring social lainnya. Anda juga bisa eksis dengan update status yang lucu, bermanfaat, dan semenarik mungkin setiap hari. Tapi ingat, jangan terlalu kebelet eksis dengan cara me-mention orang-orang tau selalu ngetwit’foLbek eaAaa QaqA’ ke setiap orang, atau nge-Like status orang dan memaksa orang lain untuk nge-Like balik. Tindakan seperti itu akan membuat Orang lain menjadi ilfil sama kamu.

C.      PROMOTION
Promosi berkaitan dengan semua bentuk komunikasi yang digunakan si jomblo untuk memasarkan dirinya. Bentuk mempromosikan diri anda bisa macam-macam. Mulai dari meminta teman untuk ngejodohin/jomblangin atau juga dengan ‘tampil’ di radio sekolah/kampus. Untuk membuat promosi makin menarik, bisa dibuat dengan sebuah ‘Penawaran’ khusus. Misalnya: “Kalo lo mau pacaran sama gue, gue bakal traktir lo tiap hari, atau nganter jemput lo tiap hari” (namanya juga usaha).
Namun jangan ngelakuin tindakan ekstrim seperti : “Kalo lo mau pacaran sama gue, gue bakal berhenti nyandera bokap-nyokap lo!” (waaaaah, gawat).
Contoh kegiatan Promosi yang benar adalah meminta teman/kerabat kita untuk mempromosikan Saya twitter/facebook kita kepada segerombolan lawan jenis, yang tentunya sama-sama jomblo. Atau bahkan terus terang kepada kedua orang tua kita itu lebih baik. Sementara Contoh Promosi yang keliru adalah beredar di ITC/Mall sambil nawarin diri ke orang lewat “Ayoooo, pacarnya Mbak, kak, mas, bu,……ayo.ayo.ayo….” (Lo kira Jualan barang obral?? haha)
Begitulah kira-kira cara-cara cepat supaya mendapat pacar dengan cepat.

D.      PRICE
Price adalah harga yang harus dibayarkan untuk sebuah Product. Kalo ada sebotol shampo seharga 1 juta rupiah, pasti anda tidak akan mau beli karena kemahalan. Sementara, kalao ada Shampo yang dijual di supermarket sebotol Shampo dijual dengan harga 1000 rupiah, anda juga pasti gak akan beli, karena harga tersebut terlalu murah… gak kebayang, Shamponya sebagus apa? Anda mungkin berfikir jangan-jangan isinya sabun colek.
Sama kayak mencari pacar. Anda harus mempunyai ‘Harga Psikologis’ yang pas. Jadi, jika anda adalah seorang cewek yang lebay, drama, dan suka bohong, maka akan susah dapet jodoh karena ‘Harga Psikologis’ anda terlalu murah, sehingga mereka tidak mau memiliki anda.
Sebaliknya kalo anda seorang Cowok yang rajin ibadah, bertanggung jawab, pekerja keras, sopan, ganteng, dan tajir pula maka ‘Harga Psikologis’ diri anda itu mahal. Orang akan berlomba-lomba untuk mendapatkan anda karena ada prestige tersendiri untuk mendapatkan anda.

Jadi, mau yang berkualitas atau tidak?? Semuanya dikembalikan lagi olah masing-masing individu. Berusaha dan terus berusaha, memperbaiki diri, memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri, serta memantaskan diri dahulu agar siap untuk dipertemukan dengan pasangan kita. Semoga berhasil dan bermanfaat. Salam hangatttttttttttttttttttttttttttt.

No comments:

Post a Comment