selamat datang

layar


Saturday 20 October 2012

MATEMATIKA BERSEDEKAH


MATEMATIKA BERSEDEKAH



Bersedekah harus menunggu sampai kaya dulu???? Sepertinya prinsip itu salah besar! Orang yang kaya harta membagikan sebagian harta yang dimiliki, itu bukan sedekah melainkan KEWAJIBAN.

Bersedekah tidak akan membuat kita miskin, Ko bisa? Ini dia…

Sedekh bisa mendatangkan ampunan Allah, menghapus dosa dan menutup kesalahan dan keburukan. Sedekah bisa mendatangkan Ridho Allah SWT, dan sedekah bisa mendatangkan kasih sayang dan bantuan Allah. Inilah sekian fadilah sedekah yang ditawarkan Allah SWT bagi para pelakunya.
Sebagaimana kita ketahui, hidup kita jadi susah lantaran memang kita banyak betul dosanya. 

Dosa-dosa kita mengakibatkan kehidupan kita menjadi tertutup dari kasih sayang Allah. Kesalahan-kesalahan yang kita buat, baik terhadap Allah, maupun terhadap manusia, membuat kita terperangkap dalam lautan kesusahan yang sejatinya kita buat sendiri. 

Hidup kita pun banyak masalah. Lalu Allah datang menawarkan bantuanNya, menawarkan kasih sayangNya, menawarkan ridhaNya, terhadap ikhtiar kita, dan menawarkan ampunanNya. Tapi kepada siapa yang Allah bisa berikan ini semua? Kepada siapa yang mau bersedekah. Kepada yang mau membantu orang lain. Kepada yang mau peduli berbagi. Kita memang susah . tapi pasti ada yang lebih susah. Kita memang sulit, tapi pasti ada yang lebih sulit. Kita memang sedih, tapi barangkali ada yang lebih sedih. Terhadap mereka inilah Allah minta kita untuk memperhatikan jika ingin diperhatikan.

Matematika Dasar Sedekah
Apa yang kita lihat dari matematika di bawah ini?
10-1=19
Pertambahan ya? Bukan pengurangan?
Kenapa Matematikanya begitu?
Matematika Pengurangan darimana?
Koq, ketika dikurangi, hasilnya malah lebih besar?
Kenapa bukan 10-1=9?

Inilah kiranya matematika sedekah. Dimana ketika kita memberi dari apa yang kita punya, Allah justru akan mengembalikannya lebih banyak lagi. Matematika sedekah di atas, matematika sederhana yang diambil dari QS. 6:100, dimana Allah menjanjikan balasan 10x lipat bagi mereka yang mau berbuat baik.

Bersedekah bukan hanya dalam bentuk uang, bisa berupa bantuan, sembako, dan entah apapun itu yang pasti bermanfaat bagi sesama.

Jadi ketika kita punya 10, lalu kita sedekahkan 1 diantara yang sepuluh itu, maka hasil akhirnya, bukan 9. Melainkan 19. Sebab yang satu yang kita keluarkan, dikembalikan Allah sepuluh kali lipat. Tinggal kita yang kita kemudian membuka mata, bahwa pengembalian Allah itu bentuknya apa? 
Bukalah mata hati, dan kembangkan ke Khusnudzdzanan, atau berprasangka baik kepada Allah. Bahwa Allah pasti membalas dengan balasan yang pas buat kita dan entah dalam bentuk apa yang Allah kehendaki. Karena janji ALLAH itu pasti.



No comments:

Post a Comment