selamat datang

layar


Friday 14 March 2014

ADA MODUS DI DALAM BUS



Hai Maret.... Apa Kabar? Semoga semakin gerettttt!! Lama juga saya gak posting... lumayan lah ada sedikit pengalaman yang mau saya bagi, tentang perjalanan saya minggu lalu... Langsung simak deh...

Mbak turun dimana?#di Karangampel#
kalo saya sih turunnya di semarang, beuuuuh jauhnya#oh, iya jauh(GAK NANYA TUH)#
sendirian ajah?#iyah#
suaminya gak nganter yah?#belum punya suami (KEPO NIH, ORANG)#
oh, kirain sudah menikah, soalnya saya liat ada cincin di jarinya mbak#oh... (RUPANYA INI ORANG PERHATIIN SAYA SAMPE SEDETIL INI)#
tapi, sudah punya tunangan dong?#gak, belum (KEPONYA NAMBAH BANGET)#
emang yah mbak, hari gini banyak juga yang sudah menikah atau tunangan cincinnya gak dipake, udah gitu ngakunya singel, mending kaya kita singel dan apa adanya#.....Cuma senyum.....(JLEB BANGET, APA KAMU BILANG???? K I T A??? HA??)#
oh iya dari tadi ngobrol saya belum tau nama mbak siapa?#.......trengteng.teng.teng.trengteng.teng.teng.... bunyi ringtune Fuck You-Lily Allen..... ”Hallo, Assalamu’alaikum Pa.... belum.... baru nyampe Sukamandi....” (ALHAMDULILLAH, BAPAKKU TELPON). 
Dan Syukurlah Pembicaraanku dengan si KEPO BIN MODUS berakhir..... (INGAT, JANGAN TERTIPU OLEH PENAMPILAN) 

Itulah sepenggal pengalaman saya naik bus umum sendirian dalam perjalanan jauh, lumayan menantang. 

Berikut adalah tips-tips dari  saya, kalo kita mau naik bus umum atau kereta, dan transportasi umum lainnya, apalagi yang kelas ekonomi kebawah :


  • Pake tas ranselnya di depan, biar bisa nutupin dada. Lagian kalo digendong kebelakang rawan copet.
  • Jangan ngantuk/tertidur apabila perjalanan sendirian dan pertama kali.Kalo ada temnnya mungkin bisa giliran jaga-jaga (POS Ronda Kaleeee) Kebablasan bisa gawat.
  • Harus waspada dengan orang sekitar, sekalipun itu orang jualan, pengamen atau orang sebangku.
  • Kalo ditawarin minum atau makan lebih baik ditolak (takut diracun jeh) dan ucapkan terimakasih biar sopan.
  • Kalo diajak ngobrol sama orang lain jangan tatap matanya nah, Lho (takut dihipnotis jeh) bicara sepenuhnya.
  • Siapin uang receh, biasanya bus/Kereta umum yang kelas ekonomi gini, banyak pengamen jalanan.
  • Jangan lupa pula siapin uang pas buat ongkos, biasanya kernet banyak yang narif harga seenaknya apalagi pura-pura lupa ngasih kembalian.
  • Kalau mau turun/naik harus siap-siap dari jarak jauh, biar gak buru-buru. Tau deh bus itu kan biasanya kejar setoran dan saingan sama bus-bus yang lain, rebutan penumpang (ugal-ugalan).
  • Jaga barang-barang bawaan kita, perhatikan, dan periksa terutama yang berharga sepanjang perjalanan maupuun ketika hendak turun.
  • Dan berdo’a semoga selamat sampai tujuan.

Dan masih banyak lagi tips-tips yang belum saya sebutkan. Apa salahnya kita mencoba untuk waspada.
Karena kejahatan itu ada dimana-mana. Gak ada niat buat jahat, tapi ada kesempatan. Gak ada kesempatan buat jahat, tapi selalu diniatin jahat. Ada juga kejahatan dalam kesempitan. Ada yang udah niat jahat ada kesempatan pula. Orang baik dibelahan dunia manapun ada, pun sama dengan orang jahat selalu ada dibelahan dunia manapun.
Apalagi sekarang marak banget, pelecehan seksual di transportasi umum.

Saya Lia Purwati..... Pamit.

Waspadalah-waspadalah….

2 comments:

  1. Modus itu mbak, hehe apalagi kebanyakan korbannya wanita..

    ReplyDelete
  2. Iya bener banget... gak di Ibu Kota... enggak di kota-kota lain.. semuanya harus waspada

    ReplyDelete